LOMBA BUMDES TERBAIK TINGKAT KABUPATEN ALOR TAHUN 2023

  • Whatsapp
banner 468x60

Dalam  Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah Kabupaten Alor melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa( DPMD )  Kabupaten Alor melaksanakan Program kegiatanTahun 2023 yaitu Lomba Bumdes Terbaik  Tingkat  Kabupaten Alor. Hal ini  dimaksudkan agar keberadaan dan  kinerja  BUMDes  mampu   memberikan kontribusi yang signifikan  terhadap   peningkatan   kesejahteraan   warga  desa. Badan  Usaha Milik   Desa( BUMDes ) adalah   lembaga   usaha  desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa  dalam      upaya memperkuat    perekonomian desa dan dibentuk   berdasarkan       kebutuhan dan potensi desa.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Kurangnya pemahaman atau pengetahuan tentang BUMDes membuat kurangmajunya sebuah desa dan tidak meningkatkan perekonomian  desa. Selanjutnya belum optimalnya komitmen Apara t  dalam   menjalankan  tupoksi  dan  regulasi. Hal ini membuat terhambatnya pelaksanaan BUMDes..Kepala Dinas Pemberdayaan   Masyarakat   dan   Desa    Kabupaten  Alor  Drs. Imanuel I Djobo, M.Si. menyampaikan  arahan dalam rapat persiapan Tim Penilai   mengatakan  bahwa   lomba   Badan Usaha Milik   Desa tingkat  Kabupatean  Alor   Tahun 2023  dilaksanakan dengan  tujuan   Bumdes  bisa lebih semangat dan bisa lebih meningkatkan    kreativitas. Untuk  tahun 2023 dan Sesuai dengan kondisi  pembiayaan  Tahun  ini  terdapat   10  (sepuluh ) bumdes yang biasa  diakomodir untuk mengikuti LombaBumdes terbaik tingkat   Kabupaten  Alor, masing-masing   yaitu:

  1. BumdesMotong Jaya Desa  Motongbang
  2. Bumdes Pidinihani   Desa    Pintu Mas
  3. Bumdes   Fajar  Alila Selatan Desa  Alila Selatan
  4. Bumdes  Eka  Desa   Mataru Barat
  5. Bumdes   Onong   Tou   Desa Ternate Selatan
  6. Bumdes   Kenari   Desa   Kamot
  7. Bumdes   Lewalu    Desa  Lawalu
  8. Bumdes   Waisika    Desa   Waisika
  9. Bumdes   Maju   Bersama   Desa   Probur Utara
  10. Bumdes Lestari Desa Ternate Selatan

Kegiatan   Lomba  Bumdes   melibatkan Tim PenilaiDari  Dinas PMD KabupatenAlor, Tenaga Ahli, Koordinator  WVI,dan  Pendamping Desa. Rapat awal telah telah dilaksanakan untuk membahas indikator Penilaian dan kegiatan penilaian telah dilaksanakan di 10 Desa  Sasaran dari tanggal  03   Juli s/d 17 Juli 2023 .Berdasarkan   rapat Tim Penilai  yang dilaksanakan di Ruangan 3 ( tiga ) UEM   tanggal   28   Juli 2023 telah menetapkan 3 ( Tiga ) Bumdes   terbaik   Kabupaten  Alor   Tahun 2023 masingmasing :

  1. Bumdes    Pidinihani   DesaPintu Mas dengan  Bobot   Nilai  51 Poin
  2. Bumdes  Fajar   Alila Selatan Desa   Alila Selatan denganBobot nilai 46
  3. Bumdes  Onong  Tou   Desa   Alor Kecil denganBobot   nilai  40

Diharapkan, BUMDes  yang  sudah  masuk tiga  besar, terus mempersiapkan  dan  berbanah  diri  semaksimal   mungkin, untuk dapat mengembangkan   Bumdes   kearah    yang lebih   baik  dengan   hrapan   bisa di akomodir  dalam  lomba tingkat  propinsi untuk tahun  – tahun   mendaatang.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *