DESA BLANGMERANG KABUPATEN ALOR JUARA 1 REGIONAL IV LOMBA DESA TINGKAT NASIONAL TAHUN 2023

  • Whatsapp
banner 468x60

Desa Blang Merang, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) usai meraih juara 1 lomba desa dan kelurahan  regional  IV Tingkat Nasional,   pada 15 Agustus 2023 di Jakarta.

Kepala Desa Blang Merang, Abdul Rasyid Mangkop, mengungkapkan bahwa sebelum ditetapkan sebagai juara 1, Desa Blang Merang melalui serangkaian proses mulai dari peninjauan lapangan hingga pemaparan potensi desa di hadapan dewan juri di Jakarta.

“Sebelumnya di tahun 2018 dan 2022 Desa Blang Merang pernah mengikuti lomba desa ini dan pernah meraih juara 4 dan juara 2 tingkat Provinsi NTT. Tahun 2023, dipercayakan mengikuti secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi. Ditingkat Provinsi meraih juara 1 kemudian mengikuti lomba  di tingkat regional,” ujarnya.

Menurutnya di tingkat regional Desa Blang Merang harus bersaing dengan 4 ( empat )  wilayah lainnya di regional IV yakni NTB, NTT, Maluku, dan Papua.

 

“Pada tingkat regional, tim juri datang langsung ke Desa Blang Merang meninjau sekaligus penilaian. Setelah itu ditetapkan pleno desa mana saja yang layak ke tingkat nasional dan melakukan presentasi di sana,” jelasnya.

Bapak Desa menuturkan bahwa ada sejumlah penilaian yang mendukung terpilihnya Desa Blang Merang sebagai juara 1 regional IV Tingkat Nasional. “Penilaiannya bukan hanya karena Desa Blang Merang sebagai salah satu desa yang mengelola dana desa dengan baik  Selain itu ada arisan  Pendidikan  dan arisan  pembangunan rumah yang mendapat apresiasi dari para juri tetapi juga dari potensi dan inovasi desa yang  dipaparkan kepada juri. Desa Blang Merang punya potensi unggulan yakni rumput laut, dan Kerapu Putih. Rumput laut selain dijual juga diolah menjadi sabun rumput laut sedangkan Kerapu Putih diolah menjadi ikan  kering belah tiga. ,” tuturnya.

Sabun rumput laut dan ikan belah tiga di bawah langsung ke hadapan juri untuk dicoba.

“Ikan   belah tiga ini, ikan Kerapu Putih yang kita belah tiga kemudian dikeringkan. Tidak asin, tidak berbau, dan tahan lama. Orang Jawa bilang rasanya seperti kripik. Untuk arisan pendidikan dan arisan  pembangunan rumah, kita bisa melihat pendapatan perkapita masyarakat di Kabupaten Alor sangat rendah. Untuk  menyekolahkan anak dan membangun rumah kita melakukan arisan ini. Hasilnya banyak rumah yang berhasil dibangun dan anak-anak Desa Blang Merang banyak yang sudah Sarjana baik S1, S2 bahkan belasan anak berhasil menjadi anggota TNI/POLRI,” ungkapnya.

Bagi Bapak Desa penghargaan ini adalah kebanggaan tersendiri bagi Desa Blang Merang karena inovasi ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat desa “Saya sangat senang dan bangga dengan penghargaan ini, tetapi saya tidak ingin larut karena tahun-tahun sebelumnya saya pernah ikut lomba yang sama. Tahun ini saya berikhtiar juara, dan ini adalah buah dari kerja keras semua pihak,” ujarnya. Ia berharap, dengan adanya penghargaan ini dapat memacu semangat dan memotivasi masyarakat bukan hanya di Desa Blang Merang tetapi juga di desa lainnya.

“Pasca penghargaan ini kami fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Saat ini sektor unggulan kami di wilayah kelautan dan perikanan. Untuk pertanian, kami baru mulai untuk menanam jambu mete, kelapa, pisang dan tanaman yang berumur panjang lainnya. Tetapi mayoritas masyarakat menggantungkan hidupnya pada potensi kelautan. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami dan juga masyarakat Desa Blang Merang yang terus berinovasi demi kemajuan daerah ini,” pungkasnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *